Detail Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT)


Kategori OPT: Penyakit
Nama Umum: Powdery mildew
Nama Latin: Oidium chrysanthemi Rab.
Nama Daerah: Embun Tepung
Faktor Yang Mempengaruhi: Cendawan berkembang pada cuaca kering dan konidiumnya dapat berkecambah dalam udara dengan kelembaban nisbi rendah (50 - 75%)
Tindakan Preventif:
Pengendalian: Pengendalian dengan kultur teknis seperti mengatur jarak tanam, sanitasi lingkungan. Apabila tanaman sudah terserang, segera bagian tanaman yang terserang embun tepung di bersihkan dan di bakar. Pengendalian dengan fungisida dapat dilakukan dengan menggunakan bahan aktif belerang, methyl thiophanate, Carbendazim, Benomyl. Pada musim kering sebaiknya tanaman sering diberikan air bersih setiap hari, jika terdapat gejala serangan, dapat diberikan bubur califoruia (kapur belerang).
Bahan Aktif yg dapat digunakan:
Deskripsi: Gejala serangan penyakit ini yaitu terdapatnya lapisan putih bertepung pada permukaan daun. Tepung putih ini sebenarnya merupakan masa dari konidia cendawan. Pada serangan berat menyebabkan daun pucat dan mengering. Penyakit biasa menyerang tanaman pada dataran tinggi maupun dataran rendah. Suhu optimum untuk perkecambahan konidiumnya adalah 25 C. Cendawan berkembang pada cuaca kering, dan konidiumnya dapat berkecambah dalam udara dengan kelembaban nisbi rendah (50-75%).

Endemik Lokasi Serangan OPT